Harga Terbaru di Apotik 2021

2021+ Harga Azithromycin 500 mg - Kandungan, Manfaat, Efek Samping

Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan harga obat azithromycin 500 mg di apotik Kimia Farma, K24, Century, dan apotik-apotik lainnya di Indonesia. Harga yang kami tampilkan di sini adalah harga terbaru yang berlaku di tahun 2021 ini. Mungkin, akan ada perbedaan harga dengan apotik terdekat di kota Anda, namun biasanya perbedaan tersebut selisihnya hanya beberapa ratus rupiah saja.

Azithromycin 500 mg Asli

Harga Azithromycin 500 mg di Apotik

Bagi Anda yang sedang mencari obat untuk mengatasi gangguan infeksi bakteri, maka azithromycin layak untuk Anda coba. Azithromycin diklaim ampuh mengobati infeksi bakteri yang menyerang berbagai organ dan bagian tubuh, seperti kulit, mata, saluran pernapasan, dan alat kelamin. Azithromycin termasuk ke dalam golongan obat antibiotik makrolida, yaitu obat yang memodifikasi atau menghambat sintesis protein bakteri pada ribosomnya.

Azithromycin bersifat bakteriostatik, yaitu menghambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri. Dalam keadaan ini jumlah bakteri menjadi stasioner, tidak terdapat lagi multiplikasi atau perkembangbiakan. Senyawa antibakteri azithromycin akan menghambat pertumbuhan bakteri atau membunuh bakteri dengan mekanisme berupa perusakan dinding sel dengan cara menghambat proses pembentukannya.

Azithromycin adalah obat yang bisa Anda dapatkan di apotik. Berapa harganya? Nah, harga dari obat ini akan kami informasikan di bawah. Selain itu, kami juga akan menjelaskan kandungan, manfaat, serta segala kemungkinan efek samping saat mengonsumsi obat ini. 

Produk Sejenis:
  • Harga Detoxic di Apotik
Yuk, berikut ini informasinya...

Harga Azithromycin di Apotik

Oleh karena Azithromycin termasuk ke dalam kategori obat resep, maka untuk mendapatkan obat ini haruslah sesuai dengan resep dokter.  Selain apotik, tidak disarankan untuk membeli obat ini disembarang tempat. Sebelum membeli obat ini di apotik, pastikan bahwa Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya dokter akan meresepkan dosis azithromycin yang tepat sesuai dengan jenis infeksi yang terjadi. Berikut ini adalah table harga azithromycin di apotik:

Table Harga Azithromycin di Apotik 2021

Azithromycin Harga
Azithromycin 500 mg Per Biji/Tablet/Kapsul Rp. 6.800
Azithromycin 500 mg Per Strip Isi 10 Tablet Rp. 55.000
Azithromycin 500 mg Per Box Isi 2 Strip Rp. 87.000

Harga Azithromycin di Apotik Kimia Farma

Azithromycin anti bakteri bisa juga Anda dapatkan di apotik Kimia Farma. Apotik BUMN milik pemerintah ini memang sering menjadi rujukan para dokter untuk memberikan obat kepada pasien. Di dukung oleh tenaga atau petugas apotik yang ahli di bidangnya, konsumen akan mendapatkan penjelasan seputar informasi obat. Apotik ini telah membuka gerai di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota. Apabila di kota Anda terdapat gerai apotik Kimia Farma terdekat, maka segera kunjungin untuk membeli Azithromycin. Harga Azithromycin di apotik Kimia Farma hampir sama dengan harga dalam tabel di atas.

Harga Azithromycin di Apotik K24

Selain apotik Kimia Farma, konsumen juga bisa membeli obat ini di apotik K24. Apotik yang selalu buka 24 jam ini juga menyediakan Azithromycin sebagai obat anti infeksi bakteri. Tidak sulit untuk menemukan apotik ini, karena cabangnya telah tersebar di seluruh Indonesia. Anda tidak usah ragu dengan kualitas obat yang dijual di apotik K24, karena semuanya berasal dari distributor farmasi resmi. Harga Azithromycin di apotik K24 tidak jauh berbeda dengan harga dalam tabel di atas.

Harga Azithromycin di Apotik Century

Selain apotik K24, obat antibakteri Azithromycin juga bisa Anda beli di apotik Century. Apotik ini juga sering menjadi rujukan masyarakat untuk mendapatkan berbagai jenis obat-obatan. Ada berbagai macam merk obat antibakteri yang dijual di apotik ini, salah satunya adalah Azithromycin. Tunjukkan resep yang Anda dapatkan dari dokter ke petugas apotik, maka mereka akan segera melayani Anda. Harga Azithromycin di apotik Century hampir sama dengan harga yang telah kami tampilkan di dalam tabel. 

Review Azithromycin

Azithromycin adalah obat yang sering diresepkan oleh para dokter untuk melawan penyakit akibat infeksi bakteri. Dilansir dari halaman alodokter.com, berikut ini adalah serba-serbi dari obat ini: 
  • Golongan: Antibiotik makrolida
  • Kategori: Obat resep
  • Manfaat: Mengobati infeksi bakteri
  • Digunakan oleh: Dewasa dan anak-anak
  • Azithromycin untuk ibu hamil dan menyusui: Kategori B, Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Azithromycin dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
  • Bentuk obat: Tablet, kapsul, suspensi, tetes mata, dan suntik.
Masih dari halaman alodokter.com, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut dari obat ini:

Aturan Minum Azithromycin

Gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter. Azithromycin berbentuk suntik akan diberikan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Jika obat ini berbentuk kapsul, tablet, atau suspensi, telan obat ini dengan segelas air.

Bila azithromycin berbentuk sirop kering atau suspensi serbuk, masukkan azithromycin ke dalam gelas yang berisi seperempat air. Aduk azithromycin hingga semuanya larut dan gunakan sesuai anjuran dokter. Azithromycin ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Gunakan azithromycin pada waktu yang sama setiap harinya, untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jika terlupa segera konsumsilah azithromycin saat teringat.  Jika sudah mendekati waktu penggunaan dosis berikutnya jangan menggandakan atau menambah dosis azithromycin tanpa petunjuk dokter. Simpan obat ini pada suhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Jangan memasukkan azithromycin ke dalam kulkas atau membekukannya. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Pastikan Anda menghabiskan seluruh obat yang diberikan oleh dokter, meskipun gejala sudah membaik. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi kambuh. Jika kondisi tidak membaik setelah obat habis, konsultasikan ke dokter.

Dosis Azithromycin untuk Gonore 

Dosis azithromycin bentuk obat minum untuk dewasa adalah 1-2 gram dosis tunggal, dikombinasikan dengan cefriaxone.

Dosis Azithromycin untuk Sipilis

Dosis Azitromycin untuk terapi sifilis harus dilihat dari kondisi pasien. Dosis yang digunakan bisa berkisar 1 - 2 gram (single dose).

Interaksi Azithromycin dengan Obat Lainnya

Ada sejumlah efek interaksi azithromycin yang bisa terjadi jika obat ini digunakan bersamaan dengan obat lain, di antaranya:
  • Peningkatan kadar digoxin, ciclosporin, terfenadine, dan colchicine di dalam darah.
  • Peningkatan risiko terjadinya perdarahan, jika digunakan dengan obat antikoagulan seperti warfarin.
  • Peningkatan risiko terjadinya perpanjangan interval QT, jika digunakan bersama obat antiaritmia, seperti quinidine, amiodarone, dan terfenadine, serta obat diuretik.

Efek Samping dan Bahaya Azithromycin

Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah menggunakan obat azithromycin antara lain:
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Diare
Beberapa efek samping yang serius yang bisa terjadi setelah mengonsumsi atau menggunakan obat ini adalah:
  • Penurunan kemampuan pendengaran atau tuli.
  • Pandangan kabur atau kelopak mata sulit terangkat.
  • Kesulitan menelan atau berbicara.
  • Kelemahan pada otot.
  • Detak jantung yang cepat dan tidak teratur.
  • Gangguan hati yang ditandai dengan kelelahan, mual dan muntah yang parah, serta mata dan kulit yang berwarna
Lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejala yang disebutkan di atas. Anda juga disarankan untuk segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat seperti munculnya ruam yang terasa gatal, pembengkakan pada bibir dan mata, serta kesulitan bernapas. 

Demikianlah informasi tentang Harga Azithromycin di Apotik. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa mengetahuinya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2021+ Harga Azithromycin 500 mg - Kandungan, Manfaat, Efek Samping Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Obat Apotik

1 komentar: