Harga Terbaru di Apotik 2021

2021+ Harga Fituno - Kandungan, Manfaat, Efek Samping

Artikel ini berisi informasi harga fituno di apotik Kimia Farma, K24, Century, dan apotik-apotik umum lainnya di Indonesia. Fituno adalah produk yang masuk ke dalam kategori suplemen yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral bermanfaat untuk menjaga imunitas. Sama seperti suplemen lainnya, fituno digunakan sebagai sumber vitamin pelengkap di samping sumber-sumber utama vitamin dari makanan dan buah-buahan.

Fituno Asli

harga fituno di apotik

Di tengah serangan wabah pandemi global sekarang ini, kita semua diwajibkan untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh agar tidak mudah terjangkiti virus. Beberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa daya tahan tubuh berperan besar dalam melawan serangan virus. Imunitas ibarat benteng pertahanan dalam tubuh seseorang. Apabila pertahanan ini kuat, maka tubuh memiliki kemampuan untuk melawan segala jenis penyakit.

Agar tetap kuat dan memiliki daya tahan, maka tubuh memerlukan vitamin dan mineral. Sebenarnya, sumber vitamin terbaik adalah berasal dari makanan dan buah-buahan alami yang kita konsumsi sehari-hari. Namun terkadang tubuh tidak mendapatkan asupan yang cukup karena keterbatasan penyerapan nutrisi dari makanan. Oleh sebab itu, diperlukan suplemen tambahan dengan kandungan vitamin dan mineral untuk melengkapi kekurangan tersebut.

Untungnya saja, sekarang ini ada beragam merk produk suplemen yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semua produk ini bisa kita dapatkan di apotik, salah satunya adalah fituno. Berapa harganya? Nah, di bawah kami akan menginformasikan harga terbaru dari fituno di tahun 2021 ini. Selain itu, kami juga akan menjelaskan kandungan, manfaat, serta kemungkinan efek samping mengunsumsi fituno.

Produk Sejenis:
  • Harga Imboost Tablet di Apotik
  • Harga Bio Formula di Apotik
Yuk, berikut ini ulasannya...

Harga Fituno di Apotik 2021

Berdasarkan penelusuran kami, suplemen fituno banyak dijual bebas di pasaran. Produk ini banyak dijual melalui situs belanja online. Namun, kami selalu menyarankan agar membeli fituno di apotik saja. Alasannya adalah jaminan kualitas dari fituno yang lebih terjaga saat kita membeli produk ini di apotik. Semua produk yang dijual di apotik sudah pasti asli karena berasal dari distributor farmasi resmi. Jadi, kita bisa terhindar dari kemungkinan produk palsu. Harga fituno 1 strip isi 10 kaplet adalah Rp. 45.000. Sedangkan, untuk harga 1 box isi 3 strip (30 kaplet) adalah Rp. 101.000.

Harga Fituno di Apotik Kimia Farma

Suplemen vitamin Fituno bisa juga didapatkan di apotik Kimia Farma. Semua orang pasti kenal dengan apotik ini, Kimia Farma adalah apotik milik pemerintah yang menyediakan berbagai jenis produk kesehatan. Terdapat beragam merk suplemen penambah daya tahan tubuh yang dijual di apotik ini, fituno adalah salah satunya. Di apotik Kimia Farma, fituno dijual dengan harga yang hampir sama dengan yang kami informasikan di atas.

Harga Fituno di Apotik K24

Selain apotik Kimia Farma, konsumen juga bisa membeli fituno di apotik K24. Apotik swasta terbesar di Indonesia saat telah mendapat kepercayaan masyarakat sebagai apotik yang menyediakan berbagai kebutuhan produk kesehatan. Tidak sulit untuk menemukan apotik ini karena cabangnya telah tersebar di seluruh Indonesia. Keunggulan utama dari apotik K24 adalah jam operasinya 24 jam sehingga konsumen bisa datang kapan saja. Harga Fituno di apotik K24 tidak jauh berbeda dengan harga yang kami tampilkan di atas.

Harga Fituno di Apotik Century

Apotik umum lainnya yang juga menyediakan produk suplemen fituno adalah apotik Century. Apabila di kota Anda telah terdapat gerai apotik Century, segera kunjungi untuk mendapatkan suplemen ini. Konsumen tidak usah ragu dengan kualitas produk yang dijual di apotik ini, sudah pasti asli karena berasal dari distributor resmi. Apotik Century adalah salah satu apotik terpercaya untuk membeli beragam jenis produk kesehatan. Harga Fituno yang dijual di apotik Century berada pada rentang harga yang kami sebutkan di atas.

Review Fituno

Fituno adalah suplemen vitamin yang diproduksi oleh PT. Kimia Farma. Berikut ini adalah serba-serbi seputar produk ini yang kami kutip langsung dari situs aslinya:

Apa Itu Fituno?

Fituno merupakan produk suplemen makanan yang mengandung triple action yang berfungsi untuk meningkatkan system kekebalan imunitas tubuh, menjaga tubuh tetap sehat dan fit, membantu mempercepat proses penyembuhan.

Kandungan Fituno

Fituno mengandung enam bahan aktif yang masing-masing memiliki khasiat, yaitu :

1. Ekstrak Echinaceae

Ekstrak Echinaceae diperoleh dari herba tanaman Echinacea purpurea yang merupakan salah satu tanaman obat. Herba tanaman Echinacea purpurea banyak dimanfaatkan karena kegunaannya sebagai peningkat sistem kekebalan (imunitas) tubuh dan membantu mencegah dan mengurangi gangguan saluran pernapasan atas (flu, radang tenggorokan, batuk, dan bronkitis).

Senyawa kimia yang terdapat dalam tanaman Echinaceae adalah asam sikorat yang merupakan derivat asam kafeat dan asam ferulat, polisakarida, flavonoid, isobutilamida, alkil amida, poliasetilena, dan minyak-minyak esensial.

Farmakologi:
  • Anti-Inflamasiàmenghambat produksi mediator inflamasi (TNF-α dan NO) dan menghambat enzim siklooksigenase (COX-1 dan COX-2) sehingga konversi asam arakhidonat menjadi prostaglandin E2 terganggu. Prostaglandin E2 merupakan salah satu mediator inflamasi.
  • Anti-oksidanàakivitas antioksidan dengan mekanisme menghambat peroksidasi lipid dan menekan oksidasi LDL (Low-Density Lipoprotein) pada tubuh manusia.
  • Immunostimulantàmeningkatkan sirkulasi granulosit, meningkatkan fagositosis, menghambat proliferasi virus, mengaktivasi sitokin, meningkatkan produksi limfosit T dan ratio sel T CD4/CD8.

2. Ekstrak Morindae

Ekstrak morindae diperoleh dari buah tanaman Morinda citrifolia L. atau biasa kita sebut buah mengkudu dalam kehidupan sehari-hari. Buah mengkudu memiliki banyak khasiat seperti sebagai antifungi (anti jamur), anti-kanker, antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi.
Komponen senyawa kimia utama diantaranya yaitu skopoletin, asam oktanoat, potassium, asam askorbat, terpenoid, alkaloid, antrakuinon (nordamnakantal, morindon, rubiadin, rubiadin-1-metil eter dan glikosida antrakuinon), β-sitosterol, karoten, vitamin A, glikosida flavon, asam linoleat, alizarin, asam amino, akubin, L-asperulosida, asam kaproat, asam kaprilik, asam ursolik, rutin dan prokseronin.

Farmakologi:
  • Antioksidanàmelindungi sel-sel dan lipid dari perubahan oksidatif, memiliki aktivitas antioksidan 2,8 kali lebih tinggi dari vitamin C
  • Anti-inflamasi àsecara selektif menghambat enzim siklooksigenase 1 dan 2 sehingga konversi asam arakhidonat menjadi prostaglandin E2 terganggu. Selain itu, dapat juga dengan menginduksi respon inflamasi lokal akut dengan bantuan agen pro-inflamasi yaitu bradikinin.
  • Ativitas peningkatan sistem kekebalan tubuh àmenghambat produksi TNF-α (Tumor Necrosis Factor-Alpha), dapat menghambat atau menekan pertumbuhan tumor melalui aktivasi sistem kekebalan tubuh manusia,

3. Ekstrak Pyhllanthi

Ekstrak phyllanthi diperoleh dari herba tanaman Phyllanthusniruri, dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan nama daun meniran. Phyllanthus niruri L (meniran) merupakan tanaman tradisional mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral.Imunomodulator ini digunakan untuk memperbaiki sistem imun dengan cara stimulasi (imunostimulan) pada kondisi defisiensi imun dan menekan (imunosupresan) atau menormalkannya pada saat reaksi imun berlebihan. Selain itu, memiliki manfaat lain sebagai antioksidan, anti-inflamasi, antiviral, influenza, dan diabetes.

Kandungan kimia dari eksktrak phyllanthi terdiri dari:
  • Lignan (phyllanthine, hypophyllantine, phyltetraline, lintetralin, niranthin, nirtetralin, nirurin, niruside, niephyline);
  • Terpen (cymene, limonene,lupeol, lupeol acetate);
  • Flavonoid (quercetin, quercitrin, isoquercitrin, astragalin, rutine, physetinglucoside);
  • Lipid (asam linoleate, asam lricinoleat, asam dotriancontanoat, asam linoleat, asam linolenat);
  • Benzenoid (methilsalisilate);
  • Alkaloid (norsecurinine, 4-metoxinorsecurinine, entnorsecurinina, nirurine);
  • Steroid (β-sitosterol);
  • Alcanes (triacontanal, triacontanol)
Farmakologi:
  • Aktivitas peningkatan sistem kekebalan (imunitas) tubuh àmempunyai efek terhadap respons imun nonspesifik berupa peningkatan fagositosis dan kemotaksis makrofag, kemotaksis neutrofil, sitotoksisitas sel NK serta aktivasi komplemen. Terhadap respons imun spesifik, pemberian ekstrak Phyllanthus mempunyai efek meningkatkan proliferasi sel limfosit T, meningkatkan sekresi mediator TNF-, IFN-γ, dan IL-4 serta menurunkan sekresi IL-2 dan IL-10. Terhadap imunitas humoral, ekstrak Phyllanthusmeningkatkan produksi imunoglobulin M (IgM) serta imunoglobulin G (IgG).
  • Anti-inflamasi àmemiliki kemampuan menghambat nitrit oxida (NO) dan prostaglandin E-2 (PGE-2), menurunkan endotoxin-induced nitric oxide synthase (iNOS), siklooksigenase(COX-2), dan menghambat produksi NFκB secara in vitro. Juga menghambat induksi IL-1β, IL-10, dan IFNγ pada darah serta reduksi TNFα
  •  Antioksidan àmeningkatkan aktifitas berbagai enzim antioksidan, seperti superoxide dismutase (SOD), catalase (CAT), glutathione-S-transferase (GST), glutathione peroxidase (GPX), dan glutathione reductase (GR), di darah maupun jaringan yang tereduksi pada radioterapi, sehingga mereduksi kerusakan sel akibat radioterapi

4. Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 (Thiamine) merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat di dalam tubuh.Sumber alami dari vitamin B1 adalah daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.Kebutuhan vitamin B1 meningkat jika konsumsi karbohidrat juga meningkat.Defisiensi atau kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri.

Vitamin B1 berperan sebagai proses metabolisme untuk menghasilkan energi dalam tubuh. Vitamin B1 juga digunakan sebagai terapi penyakit beri-beri. Thiamine dikonversi di dalam tubuh menjadi bentuk aktifnya, yaitu thiamine pyrophosphate (TPP) dan membutuhkan ATP sebagai sumber untuk pyrophosphate.yaituthiamine pyrophosphate (TPP) merupakan koenzim dalam proses dekarboksilasi asam piruvat dan asam α-ketoglutarat. Oleh karena itu, thiamine esensial untuk metabolisme karbohidrat.

5. Vitamin B6 (Piridoksin)

Berperan dalam metabolism karbohidrat, protein, dan lemak, menjaga dan menguatkan system kekebalan tubuh, membantu transmisi impuls saraf, merangsang pertumbuhan sel darah merah, dan membantu sintesis DNA dan RNA.

Piridoksin merupakan prekursor yang dibutuhkan untuk sintesis neurotransmitter serotonin dan norepinefrin, dan untuk pembentukan myelin.Selain itu, piridoksin dapat membantu membentuk antibodi yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Vitamin E (Tokoferol)

Vitamin E (Tokoferol) merupakan vitamin yang banyak ditemukan pada tanaman. Bentuk aktif dari vitamin E adalah α-tokoferol  yang banyak terdapat di sayuran hijau. Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan karena aktivitas antioksidannya yang dapat menangkal radikal bebas.

Farmakologi:

α-tokoferol sebagai antioksidan bekerja untuk mencegah terjadinya peroksidasi lipid. ROS (Reactive Oxygen Species) yang terbentuk di dalam tubuh selama proses metabolisme tubuh atau karena paparan dari lingkungan seperti asap rokok, dapat mendestruksi lemak yang ada dalam tubuh melalui oksidasi. α-tokoferol menangkap radikal bebas tersebut dan mencegah terjadinya destruksi lipid. α-tokoferol juga menjaga lemak dalam low density lipoprotein (LDL) dari proses oksidasi oleh radikal bebas.

Aturan Minum Fituno

Gunakanlah obat ini setelah makan atau bersamaan dengan makanan. Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter sebelum mulai mengonsumsinya. Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Fituno pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Fituno

Fituno umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping Fituno tersebut diantaranya meliputi:
  • Nyeri perut.
  • Mual
Demikianlah informasi tentang Harga Fituno di Apotik. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:
  • http://fituno.co.id/read-news/fituno-10 
  • https://www.honestdocs.id/fituno
2021+ Harga Fituno - Kandungan, Manfaat, Efek Samping Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Obat Apotik

0 komentar:

Posting Komentar