Harga Terbaru di Apotik 2021

2021+ Harga Ponstan - Kandungan, Manfaat, Efek Samping

Artikel ini berisi informasi harga Ponstan di apotik Kimia Farma, K24, Century, dan apotik-apotik lainnya di Indonesia. Harga yang akan kami tampilkan di sini adalah harga terbaru yang berlaku untuk tahun 2021. Mungkin, terdapat perbedaan harga dengan apotik terdekat di kota Anda. Namun, biasanya perbedaan tersebut hanya beberapa ratus rupiah saja.

Harga Ponstan di Apotik

Bagi Anda yang sedang mencari obat pereda sakit gigi, maka Ponstan layak untuk Anda coba. Kami berani merekomendasikan obat ini karena telah banyak yang membuktikan kemampuan Ponstan dalam meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi dan gusi bengkak. Reaksi obat ini terbilang cukup cepat, hanya beberapa menit setelah diminum rasa sakit berangsur-angsur sirna. 

Kemampuan Ponstan sebagai obat sakit gigi paling ampuh berkat kandungan utamanya, yaitu asam mefenamat atau mefenamic acid yang umum dikenal sebagai obat penghilang rasa nyeri. Kandungan ini termasuk ke dalam golongan analgesik dan antipiretik. Analgetik adalah obat yang mengurangi atau melenyapkan rasa nyeri tanpa menghilangkan kesadaran, sedangkan antipiretik adalah obat yang menurunkan suhu tubuh yang tinggi.

Jadi, selain meredakan rasa nyeri, Ponstan juga dapat menurunkan demam akibat sakit gigi. Sebagaimana yang sering dirasakan banyak orang, sakit gigi dapat disertai dengan pembengkakan pada gusi, sakit kepala, dan demam. Tentunya, siapa saja pasti akan sangat tersiksa merasakan itu semua.

Untungnya, Ponstan dapat bekerja secara efektif mengatasi itu semua. Obat ini bisa dengan mudah ditemukan di apotik. Berapa harganya? Nah, berikut ini akan kami tampilkan informasi harga Ponstan pereda sakit gigi di apotik. Selain itu, kami juga akan menjelaskan kandungan, manfaat, serta efek samping dari obat ini.

Yuk, berikut ini informasinya...

Harga Ponstan di Apotik

Meskipun Ponstan bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, namun kami menyarankan agar membeli obat ini di apotik saja. Alasannya adalah Ponstan termasuk ke dalam golongan obat resep, yaitu obat yang penggunaannya harus sesuai dengan saran dokter. Dengan membeli obat ini di apotik, maka petugas apotik akan menjelaskan mengenai tata cara penggunaan obat ini secara aman. Jadi, potensi munculnya efek samping berbahaya bisa diminimalkan. Berikut ini adalah tabel harga Ponstan di apotik untuk tahun 2021 ini:

Tabel Harga Ponstan di Apotik

Ponstan / Isi Harga
Ponstan 1 Tablet Rp. 3.281
Ponstan 1 Strip Isi 10 Tablet Rp. 31.252
Ponstan 1 Box/Dus Isi 10 Strip Rp. 233.700

Harga Ponstan di Apotik Kimia Farma

Ponstan bisa juga Anda dapatkan di apotik Kimia Farma. Apotik terbesar milik pemerintah ini telah sejak lama menjadi rujukan para dokter untuk memberikan obat kepada pasien. Sekarang ini, apotik Kimia Farma telah membuka gerai di seluruh Indonesia, dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota. Jadi, tidak cukup sulit untuk menemukan apotik ini. Apabila di dekat tempat tinggal Anda terdapat gerak apotik Kimia Farma, maka segera kunjungi untuk mendapatkan Ponstan. Harga Ponstan di apotik Kimia Farma hampir sama dengan harga yang kami tampilkan di atas.

Harga Ponstan di Apotik K24

Selain di apotik Kimia Farma, Ponstan juga tersedia di apotik K24. Apotik yang terkenal dengan slogan "Buka 24 Jam" ini menjadikan Ponstan sebagai salah satu produk unggulan di kategori obat sakit gigi. Sangat mudah untuk menemukan apotik ini karena memiliki cabang di seluruh Indonesia. Keunggulan dari apotik ini adalah pengunjung bisa datang kapan saja tanpa harus ragu apakah apotik ini buka atau tidak. Harga Ponstan di apotik K24 tidak jauh berbeda dengan harga yang tertera pada tabel di atas.

Harga Ponstan di Apotik Century

Selain di apotik K24, Ponstan juga tersedia di apotik Century. Apotik yang telah tersebar di 23 Provinsi di Indonesia ini telah dikenal luas oleh masyarakat sebagai tempat yang menyediakan berbagai jenis produk kesehatan. Bahkan, apotik ini juga melayani pembelian secara online sehingga sangat memudahkan masyarakat yang tidak bisa datang secara langsung. Harga Ponstan di apotik Century hampir sama dengan harga yang berlaku di apotik Kimia Farma dan K24. 

Review Ponstan

Ponstan adalah obat sakit gigi atau gusi bengkak yang diproduksi oleh Pfizer, sebuah perusahaan internasional yang bermarkas di New York City, Amerika Serikat. Dengan skema multinasional, perusahaan ini juga telah melakukan ekspansi ke Indonesia. Kehadiran Ponstan seolah menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia, yang menurut data PDGI 70% di antaranya mengalami sakit gigi. Angka yang cukup besar mengingat penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 250 juta jiwa. Apa saja kandungan yang dimiliki Ponstan? Berikut ini ulasannya...

Kandungan Ponstan

Kandungan utama dari Ponstan adalah bahan aktif yang bernama asam mefenamat (mefenamic acid) dengan dosis 500 mg. Kandungan asam mefenamat berfungsi untuk meredakan rasa nyeri sakit gigi. Kandungan ini bekerja dengan cara menghambat enzim siklooksigenase agar tidak terlalu banyak memproduksi prostaglandin. Asam mefenamat mempunyai sifat farmakodinamik berupa anti prostaglandin.

Sebenarnya, prostaglandin adalah zat yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka. Namun, jika konsentrasinya terlalu tinggi, maka bisa memicu rasa sakit karena prostaglandin juga merupakan reseptor nyeri. Karena penghambat prostaglandin mempengaruhi proses inflamasi (peradangan), maka asam mefenamat juga disebut sebagai obat anti radang.

Manfaat Ponstan

Manfaat Ponstan didapatkan dari kandungan asam mefenamat. Manfaat tersebut antara lain:
  • Mengobati rasa nyeri sakit gigi
  • Mengatasi peradangan (bengkak) pada gusi
  • Bisa diberikan pada penderita nyeri operasi
  • Mengatasi rasa nyeri haid

Aturan Minum Ponstan

Ponstan termasuk ke dalam kategori obat keras, sehingga penggunaannya harus mengikuti saran dokter. Namun, biasanya pihak produsen juga telah menyertakan tata cara mengonsumsi Ponstan yang tertera pada kemasan. Penting untuk memperhatikan aturan minum sesuai anjuran agar terhindar dari efek samping berbahaya obat. Berikut ini adalah cara mengonsumsi Ponstan yang benar:
  • Sebelum meminum, perhatikan masa kedaluwarsa obat
  • Siapkan 1 tablet Ponstan dan segelas air putih
  • Ponstan sebaiknya dikonsumsi setelah makan
  • Ponstan tidak boleh dikonsumsi lebih dari 7 hari
  • Hubungi dokter jika nyeri tidak kunjung hilang atau berkurang

Dosis Ponstan

Ponstan adalah obat sakit gigi untuk dewasa dan tidak dianjurkan untuk anak-anak usia di bawah 14 tahun. Dosis aman Ponstan FCT 500 mg adalah 3 x 1 tablet per hari.

Cara Menyimpan Ponstan

Ponstan harus disimpan pada suhu ruangan dengan tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Obat ini juga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan menyimpan Ponstan di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Efek Samping Ponstan

Efek samping Ponstan akan timbul apabila tidak memperhatikan aturan minum. Efek samping yang sering terjadi adalah pusing, sakit kepala, mual, muntah, maag, diare, gatal, dan ruam kulit. Beberapa efek samping parah, antara lain:
  • Gejala gagal ginjal akut
  • Gejala anemia
  • Tubuh bengkak
  • Kulit serta mata menguning
  • Sesak napas
Hentikan pemakaian obat apabila merasakan tanda-tanda di atas dan segera hubungi dokter jika kondisinya semakin parah.

Ponstan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ponstan tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena terdapat bukti positif mengenai pengaruh asam mefenamat terhadap janin. Ponstan juga dapat terserap ke dalam ASI sehingga tidak dianjurkan juga bagi ibu menyusui.

Berapa lama ponstan bekerja/reaksi? 

Ponstan termasuk ke dalam kategori obat oral atau diberikan melalui mulut. Pada umumnya, obat oral bekerja sekitar 5 menit - 1 jam setelah diminum.

Demikianlah informasi tentang Harga Ponstan di Apotik. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa mengetahuinya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2021+ Harga Ponstan - Kandungan, Manfaat, Efek Samping Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Obat Apotik

0 komentar:

Posting Komentar